PEMILIHAN RUMAH MENGGUNAKAN METODE WEIGHT PRODUCT DENGAN VISUALISASI LOKASI OBJEK

Dwi Ely Kurniawan, Selly Tri Amanda

Abstract


Pemilihan akan tempat tinggal tentu harus dengan perhitungan dan pertimbangan yang matang. Biasanya seseorang membeli rumah ke pengembang dengan melihat beberapa parameter harga, luas bangunan, luas tanah, jumlah kamar jarak dan lokasi. Semakin banyaknya alternatif pilihan rumah yang ditawarkan terkadang menyulitkan seseorang dalam memilih dan memilah tempat tinggal yang sesuai. Penelitian ini membuat sebuah sistem pendukung keputusan yang menerapkan metode weighted product untuk melakukan perangkingan dalam penentuan kebutuhan tempat tinggal. Metode weighted product merupakan metode penentuan dalam sebuah keputusan dengan cara perkalian untuk dapat menghubungkan nilai atribut, dimana setiap atribut harus dipangkatkan terlebih dahulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Alternatif rumah yang ada dikatagorikan perkecamatan dengan parameter yang sesuai kebutuhan. Hasil dari pengembangan sistem mampu melakukan rekomendasi perangkingan berdasarkan kecamatan dengan menampilkan objek rumah dengan visualisasi lokasi.

Kata kunci: weighted product, rekomendasi, rumah 


Full Text:

PDF

References


Kurniawan, D.E., Pujiyono, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemasok Bahan Baku Menggunakan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution”, Jurnal Integrasi Vol.8, No.1, 1 April 2016

Yudi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perumahan Methode AHP Dan GIS Statis Kota Medan Sebagai Salah Satu Kriteria Pemilihan”, Medan, Eksplora Informatika Vol. 5, No. 1, September 2015.

Batam Pos, “Warga Terus Bertambah, Tapi Sulit Punya Rumah”, tersedia pada laman website http://batampos.co.id/2016/09/21/warga-terus-bertambah-sulit-punya-rumah/ (diakses 2 Desember 2016)

Hatta, H.R., Rizaldi, M., Khairina, D.M., “Penerapan Metode Weight Product untuk Pemilihan Lokasi Lahan Baru Pemakaman Muslim dengan Visualisasi Google Maps” Jurnal Teknosi, Vol. 02, No. 03, Desember 2016.

Kusumadewi, S., 2007 "Fuzzy Multi-Attribute Decision Making", Graha Ilmu, Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v4i1.77

Copyright (c) 2017 KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.joomla
counter View My Stats